Email ; Cara membuat Email, Jenis, Cara mengecek, mengirim, dan membalas, dan Istilah – istilah di email.

A. Pengertian Email

Email adalah singkatan dari Electronic Mail dan kalau di bahasa indonesianya adalah Surat Elektronik.Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Intenet, dengan Email kita hanya membutukan beberapa menit agar surat/pesan kita sampai tujuan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat/pesan biasa (pos) dan dengan email isi surat/pesan dapat kita isi dengan konten gambar/suara dan vidio, email bukan hanya untuk mengirim surat/pesan,jaman sekarang apa-apa yang berhubungan internet seperti mendaftar Facebook,twitter,blogger dan lain-lain pasti memerlukan email utuk mendaftar.

Email mulai di pakai pada tahun 1960-an, dan Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum.(sumber wikipedia.org)

Syarat mengirim surat/pesan dengan email :

1. Anda (Pengirim) dan dia (penerima) harus memiliki alamat email. Untuk memiliki alamat email anda harus mendaftar di penyedia layana email seperti: yahoo,hotmail,gmail dan lain-lain.
Contoh alamat email: namaanda@yahoo.com,cara membacanya adalah "nama anda at yahoo dot com.
layanan penyedia email ada banyak sekali di internet tapi yang paling populer adalah Hotmail.com,yahoo.com,dan gmail.com.


Sumber : http://fileblogku.blogspot.co.id/2010/11/email-adalah.html

B. Cara Membuat Email


1.Buka browser internet explorer/firefox atau program browser lainnya.

2.Ketikkan di address bar browser anda http://id.yahoo.com/ atau ketikkan di mesin pencari "google" dengan kata yahoo/hotmail/gmail terserah anda mau menggunakan yang mana dan semuanya gratis.

3.Jika halaman depan penyedia email sudah terbuka cari tulisan buat account/daftar/buat akun terus di klik.

4.Dan selanjutnya kita akan di suguhi halaman pendaftar yang wajib kita isi berupa nama,jenis kelamin,tgl lahir,tempat tinggal dan seterusnya. Isi lah dengan lengkap semuanya dan selalu di ingat jangan sampai lupa bila perlu sobat tulis di buku.

5.Jika sudah klik tulisan buat account saya atau saya menerima dan buat akun saya atau I Agree terus di klik.

6.Tunggu beberapa saat sobat akan menjumpai dasbor email dan pesan selamat adatang dari penyedia layanan email. Dan email sobat siap di gunkan.

Yang perlu di perhatikan apa yang sobat isikan sewaktu mendaftar jangan sampai lupa terutama ID email dan sandi karena akan sobat gunakan setiap sign in/login/masuk ke email sobat. Dan hati-hati saat menggunakan komputer umum karena setiap browser yang digunakan akan menawarkan browser untuk menyimpan sandi jangan pilih simpan sandi apa bila menggunkan komputer umum.


C. Jenis-jenis Email
 
1. POP Mail
POP Mail merupakan email yg di terima melalui Internet Service Provider (ISP) yg jadi langganan anda. Saat anda mengirimkan email ke alamat email orang lain, email tersebut tak akan dikirim ke komputer yg orang tersebut gunakan, melainkan disimpan dikomputer yg jadi server email milik ISP langganan. Email tersebut bakal dikirimkan ke pc orang tersebut disaat melakukan login memanfaatkan akun email punya dia. baca juga cara mengirim file melalui email

Mendownload Email dari Server
Untuk memdownload email dari server alamat email adalah dengan cara memiliki program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express dikomputer yg kita pakai,  jangan anda harus mengatur programnya agar email bisa terbaca.


2. Email Berbasis Web
Email berbasis situs merupakan pelayanan email yan ditawarkan oleh situs-situs penyedia jasa pelayanan email, seperti Yahoo, GMail, Lycos Mail, Windows Live Hotmail, & lain-lain. Pelayanan email type ini rata rata diberikan free oleh web yg bersangkutan.


3. Email Forwarding
Email Forwarding ialah pelayanan email yg melanjutkan email yg diterimanya kedalam email yg lain. Email jenis ini berguna bagi orang yg senang ganti-ganti alamat email.


Sumber : https://haznacomputer.wordpress.com/2015/04/02/jenis-jenis-e-mail/

D. Cara Mengecek, Mengirim, dan Membalas Email. (Gmail Google)

Cara Mengecek Email
1.Pada URL web browser ketik gmail (tekan ctrl+enter) [ ini trik cara cepat buka situs dengan extention .com]
2.Masukkan account gmail anda (boleh hanya nama atau lengkapnama.anda@gmail.com) masukkan password nya
Tips : jika komputer yang anda pakai adalah milik pribadi maka anda bisa member tanda cek list untuk menyimpan password anda secara otomatis,setiap kali kamu mebuka gmail, tidak perlu mengetikkan password. Tapi jika anda membuka email di tempat umum/warnet,jangan sekali-kali mencek tanda ini, karena orang lain bisa membuka email anda, karena browser menyimpan password anda.
3.Tekan tombol sign in.


Cara Mengirim Email/surat
Setelah kamu masuk ke account gmail, kamu bisa mengirim mail surat ke teman/rekan kamu, caranya
1.Pada halaman email klik Compose mail di sebelah kiri atas, Masukkan alamat email tujuan kamu, jika lebih dari satu maka dapat dipisahkan dengan tanda , (koma). Contoh : kawan1@gmail.com , teman2@yahoo.co.id, boss@hotmail.com .
Tips : kamu bisa sekaligus mengirimkan cc (copy carbon) ke alamat email yang lain atau bcc (black copy carbon) [ bcc : penerima email utama tidak mengetahui bahwa anda mengirim email ke alamat yang di bcc]
2.Tulis subject judul mail anda, kemudian tulis pesan yang akan kamu sampaikan.
3.Jika kamu akan melampirkan file lainnya (seperti file gambar,docukumen lain) klik attach a file, dibawah kotak judul atas.
4.Setelah pesan dan lampiran selesai tekan tombol send. ( Tips : jika kamu belum selesai menulis, kamu bisa menyimpan dahulu sebelum terkirim : tekan save,maka mail kamu tersimpan di draft, dan bisa kamu edit kembali di lain waktu. jika kamu tidak jadi / salah menulis mail bisa kamu hapus , tekan discard)
5.Tunggu berapa saat, jika keluar pemberitahuan mail anda telah terkirim, berarti anda telah berhasil mengirimkan email. Bisa anda cek di bagian send.


Cara membalas dan meneruskan mail yang anda terima
1.Lihat mail yang anda terima di inbox, klik mail tsb untuk membukanya,setelah anda baca, jika anda akan membalas maka ketik balas
2.Jika anda hanya ingin meneruskan mail tersebut ke teman anda ketik forward dan masukkan alamat email tujuan. Tips : jika email yang kamu terima ada lampiran (attachment) dan kamu ingin memforward email tanpa lampiran, kamu bisa menghilangkan tanda (V) checklist pada file attachment.


Sumber : http://vierraniaww.blogspot.co.id/2011/08/cara-mengecek-mengirim-membalas-gmail.html


E. Istilah-istilah Dalam Email

Berikut istilah istilah yang ada di dalam e-mail:
1. Address: alamat e-mail, tanda @ mutlak harus ada dalam e-mail
2. Inbox: kotak masuk e-mail yang dikirim kepada anda
3. Draft: tempat untuk memuat e-mail yang belum dikirim
4. Outbox: e-mail keluar, folder tempat penampungan sementara/sesaat email pada saat akan di kirim. Jika email telah terkirim maka folder ini akan kosong kembali.
5. Spam: email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
6. Sampah: folder untuk menyimpan pesan yang telah dihapus untuk sementara, dan pesan tersebut dapat terhapus kapan saja.
7. CC : copy carbon, dapat melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat. Fasilitas ini tidak menyembunyikan alamat email penerima lainnya sehingga semua penerima email dapat melihat semua penerima email yang lainnya.
8. BCC : blind copy carbon, dapat melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat, dimana penerima tidak akan dapat melihat alamat penerima lainnya.
9. Attachment : lampiran, istilah untuk dapat melampirkan beberapa file bersama email yang di kirim. Selain pesan dalam email tersebut, juga dapat melampirkan beberapa file yang terbatas pada ukuran tertentu, sesuai dengan ketentuan dari penyedia jasa email tersebut.
10. Bounce (pentalan, mental): pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
11. Bot: software tertentu yang bertindak mewakili orang.
12. Mailbot: software tertentu yang membalas email secara otomatis. 
13. Listbot: software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list. 
14. Listserver: sama dengan listbot. 
15. Subscribe: mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup. 
16. Unsubscribe: memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup. 
17. Post: mengirim email ke mailing list atau newsgroup. 
18. Flame: pesan kasar atau tidak sopan. 
19. Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan. 
20. Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru. 
21. Mailbox : istilah untuk sebuah account email dengan kapasitas penampungan tertentu yang di baut pada sebuah mail server.
22. Mail Server : server yang melayani dan mengatur proses pengiriman dan penerimaan email.
23. Outlook : program mail client yang banyak digunakan saat ini. Ada 2 jenis Outlook yaitu Outlook Express (program standar bawaan Windows yang biasanya sudah ada ketika Anda menginstall Windows) dan Microsoft Outlook (program bawaan dari Microsoft Office).
24. Forward: melakukan penerusan sebuah email ke penerima lain.
25. Delivery Receipt: info yang diterima pengirim bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail clientnya
26. Filters: Penyaring email yang masuk.
27. Header: Kepala email, berisi informasi penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.
28. HTML Email: Email yang berisikan gambar dan teks
29. IMAP: Metode pengaturan email yang anda terima
30. Mail Transper Agent (MTA): Sistem yang bertugas meneruskan dan menghantarkan pesan email
31. Plain-text mail: Email yang hanya teks saja
32. POP3: Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email
33. Preview Pane: Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru
34. SMTP: Sebagai protocol yang mengatur pengiriman pesan email
35. Vacation messege: Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email

sumber : http://murahjuliana.blogspot.com/2012/03/istilah-dalam-e-mail.html