What is "Dere-dere"?



Dere-dere (デレデレ) atau dalam bahasa Inggris berarti 'lovey dovey' atau yang berarti menjadi penuh kasih sayang atau sedang jatuh cinta, adalah karakter dari cewek yang biasanya menjadi poin menarik bagi orang yang melihat karakter tersebut..
Ada empat jenis dere-dere terkenal yang biasanya muncul dalam cerita film, yaitu :


-TSUNDERE (
ツンデレ)
berasal dari kata tsun-tsun dan dere-dere. Tsun-tsun secara harfiah diartikan sebagai kasar, kaku, bersifat dingin atau juga karakter yang unfriendly. Sedangkan dere-dere bisa diartikan karakter yang lembut, ramah, charming. Dari dua kata tersebut diartikan bahwa cewek dengan karakter tsundere memiliki sikap yang dingin terhadap orang orang yang tidak ia kenal baik, akan tetapi dia bisa mendadak berubah menjadi seorang yang 'lovey dovey' , adorable, ramah, lembut dan hangat kepada orang yang dekat dengannya.Tetapi karakter ini juga berubah menjadi kasar jika dikecewakan orang yang dekat dengannya. Bahkan dia bisa melakukan tindakan tindakan yang diluar nalar, seperti melukai orang itu.
karakter Tsundere misalnya taiga aisaka (toradora!), Haruhi (Suzumiya Haruhi No Yuutsu), Narusegawa Naru (Love Hina), Eri Sawachika (School Rumble)


-YANDERE (ヤンデレ)
Berasal dari kata Yanderu dan Dere-dere. Yanderu berarti jiwa yang sakit (psikopat/penyakit sakit jiwa) atau terlihat bahwa dia sangat baik hati tapi sebenernya jika sudah mengenalnya wataknya benar-benar 180derajat terbalik, karakter yandere akan bersifat 'sangat' kasar dan cenderung menyakiti pada orang yang justru ia cintai. Sikap seperti itu akan ia keluarkan jika orang yang ia cintai membuatnya kecewa atau sakit hati. Ia akan menjadi psikopat yang bahkan terobsesi untuk membunuh orang itu.
karakter Yandere misalnya Misa Amane (Death Note), Kasumi Aika (Hayate no Gotoku), Katsura Kotonoha (School Days), Yuno (Mirai Nikkii)


-KUUDERE
Berasal dari kata kuu dan dere-dere. Kuu bisa diartikan langsung sebagai cool. Sifat utama dari karakter ini adalah sisi coolnya, dia pendiam, tenang dan terlihat menutup diri dari dunia luar. Akan tetapi ia bisa menjadi karakter yang adorable dan 'lovey dovey' pada orang yang ia sukai.
karakter Kuudere misalnya sawako kuronuma (kimi ni todoke), Ochibana Ame (Denpateki Kanojo), Feris Eris (Legend of The Legendary Heroes)


-DANDERE ( だんまり )
Berasal dari kata danmari dan dere-dere. Danmari diartikan sebagai tetap tenang menghadapi situasi seperti apapun. karakter ini jauh lebih pendiam dan jauh lebih terlihat emotionless dari kuudere. Jika kamu bisa membuat dandere berbicara banyak, maka sudah tentu kamu adalah salah satu orang yang ia sukai. Karakter dandere menganggap percakapan dengan orang yang tidak ia sukai itu tidak penting sehingga ia benar benar hanya akan membuka diri pada orang yang ia cintai. 
karakter Dandere misalnya Tomoyo Sakagami (Clannad), nagato yuki (Suzumiya Haruhi No Yuutsu), Tachibana Kanade (Angel Beats)

tapi diantara itu ada satu lagi yaitu YANGIRE, bisa dibilang bentuk lain dari yandere, kalau yandere karakter sakit mental yang ada perasaan cinta, yangire adalah karakter yang sakit mental tanpa ada perasaan cinta, tanpa ada pemicu yang jelas bisa muncul tiba-tiba sifat psikopatnya, lalu bisa tiba-tiba hilang dan kembali menjadi orang baik lagi. Karakter yangire ini jarang ada, tapi asal muasal karakter ini dari anime.
karakter Yangire Kirishima Yukihime (Denpateki Kanojo)


cr: facebook