My opinion

Guys._.
        Aku mau nyampein pendapatku, nih. Sebelum itu, topiknya itu tentang "Pembubaran RSBI".
Pertama kali denger itu, sontak aku kaget setengah mati. RSBI coy. Karena sekolahku itu udah kental banget sama embel-embel RSBI di belakangnya. Termasuk sekolah unggulan di daerahku juga, sih. Pastinya, aku gak bakal bisa bayangin bagaimana nanti kalau RSBI akan benar-benar dihapus.
        Semua anak smp-smp/sekolah-sekolah lain akan mengejek SMP N 3 Batang, karena tak ada embel-embel RSBI lagi. Tentu itu membuat beberapa anak setress. Tapi, beberapa anak juga ada yg berpendapat, tanpa RSBI, tak ada tes direktorat maupun tes provinsi. Apalagi kakak-kakak kelasku yang akan Ujian Nasional. Tak pakai bahasa inggris berarti "MERDEKA!"
        Adik kelasku juga banyak yang berpendapat seperti itu. Tapi, beberapa anak kelas 8, ada yang menyayangkan dihapusnya RSBI. Seperti dakuw ini. Nyesel banget. Kasihan kan kakak-kakak alumni yang udah susah payah buat nilai mereka bagus cuma bikin SMP N 3 Batang jadi RSBI? Sia-sia dong usaha mereka?
        Aku juga berpendapat, kenapa MK malah menghapus RSBI? Bukannya jika diambil sisi positifnya RSBI - yang identik dengan kkm yg tinggi - mereka bisa memotivasi diri mereka agar mendapatkan nilai yang tinggi agar lulus kkm, kan?
        Tapi beberapa orang menganggap RSBI hanya menjadi penghalang bagi jalannya pendidikan. RSBI hanya jadi beban. HALLO?! Jika kalian merasakan bagaimana jadi siswa RSBI, kalian mungkin akan menyesal jika RSBI dihapuskan. Pikirkan tekanan batin anak-anak RSBI/SBI, lah. Mereka jadi minder ketemu sama anak-anak sekolah lain.
        RSBI cuma main uang? HAH? HALLOOOO~ Guys, tanpa uang, sekolah gak bisa beliin kita mikroskop yang gunanya amat penting dalam pembelajaran IPA. Tak hanya mikroskop, ada beberapa alat laboratorium, komputer, dll. Tanpa uang, mungkin sekolah itu bisa bobrok. Karena tak ada uang, sekolah tak bisa memoles ruangan-ruangan agar enak dipandang. Meja dan kursi yang reot. Duuuh, pikir coba, deh! -_-
At least, that's all just my suggest/my opinion. whatever if you disagree with me. it just my OPINION.
Kece badai cethaar membahana ulala,
Hannanoids.